( KELAS EKSPERIMEN 1 )
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VII/ 2Waktu : 2 x 40 Menit ( 1 x pertemuan )
A. Standar Kompetensi
Memahami konsep segi empat dan segitiga serta menentukan
ukurannya.
B. Kompetensi Dasar
Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat
serta mengunakan dalam pemecahan masalah.
C. Indikator
1. Menurunkan rumus keliling bangun layang-layang dan belah ketupat.
2. Menurunkan rumus luas bangun layang-layang dan belah ketupat.
3. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas
bangun layamg-layang dan belah ketupat.
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran diharapkan siswa dapat :
1. Menurunkan rumus keliling bangun layang-layang dan belah ketupat.
2. Menurunkan rumus luas layang-layang dan belah ketupat.
3. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan menghitung keliling
dan luas bangun layang-layang dan belah ketupat.
E. Materi
Materi pokok : segi empat
Sub pokok bahasan: luas dan keliling layang-layang dan belah ketupat.
F. Strategi pembelajaran
PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review)
G. Pendekatan pembelajaran
Pendekatan kontekstual
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan awal
a. Mengucapkan salam.
b. Mengecek kehadiran siswa sambil mengenal siswa.
c. Membahas PR.
d. Mengingat kembali materi keliling dan luas persegi, persegi
panjang, jajar genjang dan trapesium.
e. Memberikan apersepsi.
f. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberi gambaran
mengenai strategi pembelajaran PQ4R berpendekatan kontekstual.
g. Mengaitkan pembelajaran yang akan dipelajari dengan dengan
pengetahuan awal siswa dan kehidupan nyata siswa.
h. Memotivasi siswa
2. Kegiatan inti
a. Guru mempresentasikan sedikit dari gambaran umum dari materi
keliling dan luas layang-layang dan belah ketupat.
b. Guru menerapkan langkah Preview, Guru menampilkan materi
pada power point.
c. Guru meminta siswa membaca selintas dengan cepat materi pada
powerpoint untuk menemukan
ide pokok/ tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.
d. Guru menerapkan langkah Question, Guru menjelaskan inti dari
materi yang dikaitkan dengan kehidupan nyata siswa dan siswa
memperhatikan.
e. Guru memberi tugas membuat pertanyaan pada siswa mengenai
keliling dan luas persegi dan persegi panjang, setelah itu meminta
siswa menjawab pertanyaan yang telah dibuatnya.
f. Guru memerapakan langkah Read, guru memberikan tugas kepada
siswa untuk membaca dan menanggapi pertanyaan yang telah
disusun sebelumnya.
g. Guru menerapkan langkag Reflect, guru menginformasikan materi
pada powerpoint dan siswa memperhatikan dan diharapkan
siswa tidak sekedar mengingat materi tapi juga menghubungkan
itu dengan hal-hal yang telah diketahui untuk memecahakn
masalah dari informasi yang diberikan guru.
h. Guru menerapkan langkah Recite, Siswa diminta menanyakan
dan menjawab pertanyaan.
i. Guru meminta siswa membuat intisari dari seluruh pembahasan
yang di pelajari.
j. Guru menerapakan langakh Review, Siswa di minta membaca
catatan intisari yang telah dibuat.
k. Guru meminta siswa membaca kembali bahan bacaan dan
meminta siswa bertanya jika belum jelas.
l. Guru member contoh soal dan memberikan pertanyaan kepada
siswa dan menujuk siswa untuk menjawab.
m. Guru memberi latihan soal pada siswa.
n. Guru memantau kegiatan siswa dan setelah selesai
mengerjakan meminta siswa mengumpulkan jawabannya.
o. Guru meminta siswa mengerjakan didepan.
p. Siswa bersama guru mengevaluasi dan mengoreksi jawaban
di depan.
3. Kegiatan akhir.
a. Memberikan kesempatan bertanya apabila ada hal-hal yang
belum paham mengenai materi yang telah disampaikan.
b. Bersama-sama membuat kesimpulan tentang materi yang
telah dipelajari.
c. Memberikan tugas rumah.
d. Mengucap salam penutup.
I. Sumber Belajar
Buku Paket Matematika SMP, Buku LKS dan BSE.
J. Media Pembelajaran
Powerpoint.
K. Penilaian
1. Jenis Tes : tes tertulis
2. Bentuk Tes : uraian
3. Alat Tes : Tugas sekolah dan PR
Semarang, …………………….. 2010Guru mata pelajaran, Peneliti,
................................ BASUKI
NIP......................... NPM. 06310408
makasih ya..dah kasih informasi...
BalasHapusIy sama2....
BalasHapus