Kamis, 18 Februari 2010

Contoh RPP Pembelajaran Matematika Inovatif Tahun 2010


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KD 5. 1
SEKOLAH
:
SMP
MATA PELAJARAN
:
MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER
:
VII / 2
ALOKASI WAKTU
:
 2 x 30 menit ( 1 x pertemuan )

A.  STANDAR KOMPETENSI
:
5
Memahami hubungan antara garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut serta menentukan ukurannya.
B.  KOMPETENSI DASAR
:
5.1
Menentukan hubungan antara dua garis serta besar dan jenis sudutnya.
C.  INDIKATOR PENCAPAIAN
:
5.1.5. Menjelaskan hubungan antar dua sudut.
D.    TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah pembelajaran diharapkan siswa dapat :

1.          Menjelaskan hubungan antar dua sudut.
E.        MATERI PEMBELAJARAN
Garis dan sudut. 

F.        MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model      : Kooperatif tipe Think- Pair- Share ( TPS )
Metode    : Ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi dan presentasi.
G.       SKENARIO/ LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
  Pertemuan I
I. Pendahuluan ( 12 menit )
1.  Mengucap salam
2.  Apersepsi : Mengingat kembali tentang pengertian sudut, penambahan dan pengurangan satuan sudut.
3.  Guru mengkomunikasikan tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai oleh tiap siswa.
4.  Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa  dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
II.      Kegiatan Inti ( 35 menit ):
Eksplorasi :
Guru member penjelasan materi. Dengan tanya jawab, siswa diminta menyebutkan jenis-jenis hubungan antar dua sudut.
Elaborasi :
Dengan teman sebangku, siswa mendiskusikan tentan hubungan antar dua sudut. Siswa mempresentasikan hasil diskusinya, siswa yang lain menanggapi.
Konfirmasi :
Guru memberikan penghargaan bagi siswa/kelompok yang berprestasi.
Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang hubungan antar dua sudut, guru membimbing siswa yang membutuhkan.
III. Penutup  ( 13 menit ) :         
1.      Siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru.
2.      Siswa diberi tugas (PR).

H.       SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Sumber    : Buku paket, LKS, BSE
        Media      : Power point, alat peraga berupa benda-benda di lingkungan sekolah, busur derajat, penggaris.

I.          PENILAIAN.    
Indikator penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
1. Siswa dapat menunjukkan hubungan antar dua sudut
Unjuk kerja
Petunuk kerja
1.      Bentuklah kelompok yang terdiri atas 2 siswa, buat dua garis. Peragakanlah posisi dua dua garis tersebut yang menunjukkan sudut saling berpelurus, saling berpenyiku,dan saling bertolak belakang. Ukurlah besar sudut-sudutnya dan catat hasilnya.