RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Gabus Pati
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :
VII/1
Materi Pokok : Himpunan
Alokasi
Waktu :
3 pertemuan (7 x 40 menit)
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangakauan
pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami pengetahuan ( faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 : Mencoba, mengolah dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang
dan teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1.
|
1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
|
1.1.1 Yakin keberadaan Tuhan
1.1.2 Berdo’a sebelum dan sesudah berbuat
1.1.3 Syukur atas karunia Tuhan
1.1.4 Salam dalam berpendapat
1.1.5 Mengungkapakan keagungan Tuhan
|
2.
|
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis,
analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif dan tidak mudah
menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 memiliki rasa ingin tahu, percaya diri,
dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan
keguanaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
|
2.1.1 Jujur, tanggung jawab, disiplin, gotong royong, toleransi, santun dalam
pembelajaran.
2.2.1 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan tertarik pada pembelajaran
Matematika.
|
3.
|
3.2 Menjelaskan pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan,
operasi himpunan dan menunjukkan contoh dan bukan contoh.
|
3.2.1
Menjelaskan
konsep himpunan
3.2.2
Menjelaskan
penyajian himpunan
3.2.3
Menemukan
konsep himpunan semesta dan Diagram venn
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan Petama (2 x 40 menit)
1.
Melalui kegiatan
mandiri, peserta didik dapat menjelaskan konsep himpunan.
2.
Melalui kegiatan diskusi, peserta didik dapat
menuliskan contoh himpunan
Pertemuan Kedua (2 x 40 menit)
1.
Melalui kegiatan
diskusi, peserta didik dapat menjelaskan penyajian himpunan
Pertemuan Ketiga (3 x 40 menit)
1.
Melalui kegiatan
mandiri, peserta didik dapat menemukan konsep himpunan semesta.
2.
Melalui kegiatan diskusi, peserta didik dapat menyajikan
himpunan dalam diagram venn
D. Materi
Ajar Pertemuan
Pertemuan pertama : Menjelaskan konsep himpunan
Pertemuan kedua : Menjelaskan konsep
penyajian himpunan
Pertemuan ketiga : Menemukan konsep
himpunan semesta dan Diagram Venn
E. Metode
Pembelajaran Pertemuan
Metode : tanya-jawab, diskusi kelompok dan penugasan kelompok
Strategi : Problem Based Learning
Pendekatan : scientific
F. Media Pembelajaran
Lingkungan, kumpulan
benda-benda
G. Sumber Belajar
Buku Siswa, LKS
H. Kegiatan Pembelajaran Pertemuan
Pertemuan Pertama
Pendahuluan ( 10 menit )
1.
Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa;
2.
Guru menanyakan kabar dan mengecek
kehadiran siswa
3.
Siswa mendengarkan dan menanggapi cerita
guru tentang pengelompokan benda serta manfaat mempelajarinya dalam kehidupan sehari-hari;
4.
Guru mengecek kemampuan prasyarat siswa
dengan tanya jawab
5. Guru mengkomunikasikan tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan
dicapai siswa.
Kegiatan inti (60 menit )
Mengamati
1.
Siswa mengamati gambar pembagian group piala dunia 2014 yang disajikan oleh guru
Menanya
2.
Peserta didik membuat pertanyaan yang
berkaitan dengan fakta-fakta pada gambar pembagian group piala dunia 2014.
Mengumpulkan informasi
3.
Siswa mengumpulkan informasi mengenai pengelompokan negara-negara pada gambar pembagian group piala dunia 2014
Mengasosiasi
4.
Siswa menalar mengenai himpunan dan bukan himpunan dari group piala dunia 2014 pada permasalahan buku siswa halaman
104
Mengkomunikasikan
5.
Siswa
mendiskusikan hasil menalar dengan teman sebangku dan apabila ada hal yang
kurang jelas siswa dipersilakan bertanya kepada guru..
6.
Guru memberikan
klarifikasi dan penjelasan dari hasil diskusi .
Penutup( 10 menit )
1.
Siswa dan guru merangkum isi
pembelajaran yaitu tentang konsep himpunan dalam menyelesaikan
masalah dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Guru
menginformasikan garis besar isi kegiatan pada pertemuan berikutnya, yaitu mengenai
penyajian himpunan.
Pertemuan Kedua
Pendahuluan ( 10 menit )
1.
Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa;
2.
Guru menanyakan kabar dan mengecek
kehadiran siswa
3.
Siswa mendengarkan dan menanggapi cerita
guru tentang penyajian pengelompokan benda serta manfaat mempelajarinya dalam kehidupan sehari-hari;
4.
Guru mengecek kemampuan prasyarat siswa
dengan tanya jawab
5. Guru mengkomunikasikan tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan
dicapai siswa.
Kegiatan inti (60 menit )
Mengamati
1.
Siswa mengamati gambar berbagai jenis sajian makanan yang disajikan
oleh guru
Menanya
2.
Peserta didik membuat pertanyaan yang
berkaitan dengan fakta-fakta pada gambar berbagai jenis sajian makanan
Mengumpulkan informasi
3.
Siswa mengumpulakan informasi dan membahas cara penyajian himpunan.
Mengasosiasi
4.
Melaui permasalahan menalar pada buku siswa halaman 108,
siswa menganalisis dan membandingkan cara penyajian himpunan.
Mengomunikasikan
5.
Siswa
mendiskusikan hasil menalar dengan teman sebangku dan apabila ada hal yang
kurang jelas siswa dipersilakan bertanya kepada guru.
6.
Guru memberikan
klarifikasi dan penjelasan dari hasil diskusi .
Penutup( 10 menit )
1.
Siswa dan guru merangkum isi
pembelajaran yaitu tentang cara penyajian himpunan dalam menyelesaikan
masalah dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Guru menyampaikan PR buku siswa halaman 117 no. 1 s.d 5
3.
Guru
menginformasikan garis besar isi kegiatan pada pertemuan berikutnya, yaitu mengenai
menemukan konsep himpunan semesta dan diagram venn.
Pertemuan Ketiga
Pendahuluan ( 20 menit )
1.
Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa;
2.
Guru menanyakan kabar dan mengecek
kehadiran siswa
3.
Membahas PR pertemuan sebelumnya
4.
Siswa mendengarkan dan menanggapi cerita
guru tentang nama-nama menteri sewaktu Bapak SBY menjabat presiden RI peride
2009-2014 pada Maasalah 2.2 buku siswa halaman 109
5.
Guru mengecek kemampuan prasyarat siswa
dengan tanya jawab
6. Guru mengkomunikasikan tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan
dicapai siswa.
Kegiatan inti (90 menit )
Mengamati
1.
Siswa mengamati masalah 2.2 dan alternatif pemecahan masalah pada buku siswa halaman
109
Menanya
2.
Peserta didik membuat pertanyaan yang
berkaitan dengan himpunan semesta dan diagram venn
Mengumpulkan informasi
3.
Siswa mengumpulakan informasi cara penyajian himpunan dalam diagram venn.
Mengasosiasi
4.
Melaui permasalahan menalar pada buku siswa halaman 111,
siswa menganalisis cara penyajian himpunan dalam diagram venn.
Mengomunikasikan
5.
Siswa
mendiskusikan hasil menalar dengan teman sebangku dan apabila ada hal yang kurang
jelas siswa dipersilakan bertanya kepada guru..
6.
Guru memberikan
klarifikasi dan penjelasan dari hasil diskusi .
Penutup( 10 menit )
1.
Siswa dan guru merangkum isi
pembelajaran yaitu tentang cara penyajian himpunan dalam menyelesaikan
masalah dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Guru
menginformasikan garis besar isi kegiatan pada pertemuan berikutnya, yaitu mengenai
menemukan konsep himpunan semesta dan diagram venn.
I. Penilaian
1.
Sikap
Spiritual
a.
Teknik
penilaian: Observasi
b.
Bentuk
Instrumen : Lembar observasi,Pedoman observasi, Daftar cek dan skala penilaian disertai rubrik
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Menunjukkan sikap syukur berkesempatan belajar
|
Lampiran 1
|
d.
Instrumen:
lihat lampiran 1
e.
Rubrik
Penilaian Sikap Spiritual: lihat lampiran 1
f.
Pedoman
Penskoran: lihat lampiran 1
2.
Sikap
Sosial
a.
Teknik
penilaian: Observasi
b.
Bentuk
Instrumen : Lembar observasi,Pedoman observasi, Daftar cek dan skala penilaian disertai rubrik
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
Menunjukkan sikap gotong royong dalam proses pembelajaran
|
Lampiran 1
|
d.
Instrumen:
lihat lampiran 1
e.
Rubrik
Penilaian Sikap Sosial: lihat lampiran 1
f.
Pedoman
Penskoran: lihat lampiran 1
3.
Pengetahuan
a.
Teknik
penilaian: Tes tulis
b.
Bentuk
Instrumen : Uraian
c.
Kisi-kisi:
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1.
Menjelaskan konsep himpunan
2.
Menjelaskan penyajian himpunan
3.
Menemukan konsep himpunan semesta
dan Diagram venn
|
Soal No. 1
Soal No. 2
Soal No. 3
|
d.
Instrumen:
lihat lampiran 2
e.
Pedoman
perskoran:
![](file:///C:/Users/RICHIE%7E1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image002.gif)
Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
Mengetahui, Gabus,
Juli 2014
Kepala
SMP Negeri 1 Gabus Guru
Mata Pelajaran
...................... Basuki, S.Pd
NIP - NIP -
Lampiran 1
1.
Rubrik
Penilaian Sikap Spiritual
Lembaran ini
diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek
(v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik,
dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak
melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak
pernah melakukan
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan
sesuatu
|
||||
2
|
Mengucapkan rasa syukur atas karunia
Tuhan
|
||||
3
|
Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
|
||||
4
|
Mengungkapakan kekaguman secara lisan
maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
|
||||
5
|
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan
saat mempelajari ilmu pengetahuan
|
||||
Jumlah Skor
|
Pedoman Penskoran:
![](file:///C:/Users/RICHIE%7E1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image004.gif)
2.
Rubrik
Penilaian Sikap Sosial
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kerjasama.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap kerjasama yang ditampilkan
oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 =
selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 =
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan
2 =
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak
pernah melakukan
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Aktif dalam kerja kelompok
|
||||
2
|
Suka menolong teman/orang lain
|
||||
3
|
Kesediaan
melakukan tugas sesuai kesepakatan
|
||||
4
|
Rela berkorban untuk orang lain
|
||||
Jumlah Skor
|
Pedoman Penskoran
![](file:///C:/Users/RICHIE%7E1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image006.gif)
Lampiran 2
INSTRUMEN PENILAIAN TES TERTULIS
Kompetensi Dasar :
Menjelaskan
pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan, operasi himpunan dan
menunjukkan contoh dan bukan contoh.
Petunjuk:
Kerjakan soal berikut secara individu, tidak
boleh menyontek dan tidak boleh ikut-ikutan jawaban teman harus percaya diri.
SOAL :
1.
a. Sebutkan contoh kumpulan –
kumpulan dari suatu benda ?
b. Definisikan pengertian dari himpunan ?
c. Sebutkan kumpulan – kumpulan benda yang
merupakan himpunan?
d. Sebutkan kumpulan- kumpulan benda yang
merupakan bukan himpunan ?
2.
Nyatakan himpunan berikut dengan mencacah seluruh anggotanya
a.
{ x | x ϵ P, x <20 bilangan="" p="" prima="" span="">20>
b.
{ x | x adalah bilangan bulat positif yang kurang dari 12 }
c.
{ x | x adalah kuadrat dari bilangan bulat, x < 100}
d.
{ x | x ϵ G, x < 10, G bilangan genap positif }
3.
buatlah diagram Venn dari himpunan-himpunan berikut ini!
S = { 1, 2, 3, ..., 9 }, P
= { 2, 4, 6 } dan Q = { 5, 6, 7, 8
}
Alternatif jawaban
1.
a.
Kumpulan buku matematika
b.
Himpunan adlah sekumpulan objek atau benda yang memiliki karakteristik yang
sama atau terdefinisi dengan jelas
c.
Kumpulan binatang berkaki 4
d.
Kumpulan bunga indah
2.
a.
P = {2,3,5,7,11,13,17,19}
b.
{1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,11}
c.
{1,4,9,16,25,36,49,64,81}
d.
G = { 2,4,6,8 }
3. S = { 1, 2, 3, ..., 9 } P = { 2, 4, 6 } dan Q = { 5, 6, 7, 8 }
![]() |
Pedomanpenilaian
No. Soal
|
Skor
|
1
|
4
|
2
|
4
|
3
|
2
|
Jumlah
|
10
|
![](file:///C:/Users/RICHIE%7E1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image002.gif)